Angket
Minat Membaca
Siswa
Kelas X MAN Temboro Magetan
Pendahuluan:
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Nama
|
:
|
Yastin Ismityas Septiani
|
Tujuan
|
:
|
Memberikan angket kepada siswa/responden untuk mengisinya sebagai
bahan penelitian
|
Terima kasih
atas partisipasinya.
Petunjuk
mengerjakan:
1.
Isikan nama,
kelas dan nomor absensi yang telah disediakan.
2.
Ada 20
pernyataan dalam angket ini. Berilah tanda centang (√) pada salah satu pilihan
yang anda anggap sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
3.
Hasil dari
pengisian angket ini semata-mata untuk kepentingan penelitian dan sebagai
ukuran kemajuan pendidikan di masa mendatang, dan tidak akan berpengaruh pada
penilaian guru anda, serta tidak ada hubungannya dengan proses penentuan
kenaikan kelas.
4.
Jika anda ingin
mengganti jawaban yang telah anda centang, maka lingkari tanda centang anda
kemudian centang pilihan lain yang anda inginkan.
5.
Terima kasih
atas kesediaannya mengisi angket ini dengan tulus dan jujur.
Keterangan:
SL :
selalu
SR : sering
KD : kadang-kadang
TP :
tidak pernah
Identitas
Responden:
Nama :
__________________________________________________________________
Jenis
Kelamin :
__________________________________________________________________
Nomor
absen :
__________________________________________________________________
Kelas :
__________________________________________________________________
No
|
PERNYATAAN
|
JAWABAN
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
1
|
Ketika liburan, saya menyempatkan waktu untuk membaca buku.
|
||||
2.
|
Dalam sehari paling tidak saya bisa membaca minimal satu buku.
|
||||
3.
|
Saya membaca buku-buku yang
menarik perhatian ketika saya merasa bosan dan malas untuk membaca buku.
|
||||
4.
|
Saya lebih suka membaca buku daripada mengerjakan tugas.
|
||||
5.
|
Jika ada tugas sekolah yang berhubungan dengan membaca akan saya
selesaikan lebih dahulu daripada tugas-tugas lain.
|
||||
6.
|
Saya memiliki prestasi yang baik
dikarenakan kebiasaan membaca buku setiap harinya.
|
||||
7.
|
Saya ditunjuk guru untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi
bacaan.
|
||||
8.
|
Saya dapat membantu teman ketika menemukan kesulitan dalam pemahaman isi
bacaan.
|
||||
9.
|
Saya memilih tempat yang nyaman dan tenang
ketika membaca agar bisa fokus terhadap
buku yang saya baca.
|
||||
10.
|
Saya mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku.
|
||||
11.
|
Saya meminjam buku di perpustakaan.
|
||||
12.
|
Saya membaca berbagai buku untuk menambah wawasan..
|
||||
13.
|
Saya membaca buku pelajaran untuk memudahkan
pemahaman materi sekolah.
|
||||
14.
|
Saya membaca buku dikarenakan banyak teman-teman yang gemar membaca.
|
||||
15.
|
Saya membaca buku untuk bisa menjadi penulis profesional.
|
||||
16.
|
Saya membaca buku agar bisa menjelaskan kepada teman saya tentang
pengetahuan yang saya peroleh.
|
||||
17.
|
Saya dapat menjawab dengan tepat pertanyaan yang terkait dengan isi
bacaan.
|
||||
18.
|
Saya dapat menyampaikan struktur isi bacaan.
|
||||
19.
|
Saya merasa senang ketika membaca buku.
|
||||
20.
|
Ada kepuasan tersendiri ketika membaca buku.
|
||||
21.
|
Saya
membiasakan untuk membaca buku minimal 1 jam setiap harinya
|
||||
22.
|
Saya
mengisi watu luang dengan membaca
|
||||
23.
|
saya menngawali belajar dengan membaca buku
pelajaran
|
||||
24.
|
Saya
merasa ada yang kurang ketika tidak membaca buku dalam sehari
|
||||
25.
|
Saya
merasa puas ketika sudah membaca buku di tengah-tengah kesibukan saya.
|
||||
26.
|
Ketika
banyak PR yang diberikan dari sekolah, saya selalu menyempatkan untuk membaca
buku dalam 30 menit.
|
||||
27.
|
Saya dapat mengatasi gangguan di sekitar saya ketika
membaca
|
||||
28.
|
Saya
membaca buku meskipun sudah merasa capek dan lelah dengan rutinitas saya.
|
||||
29.
|
Saya
menuliskan motivasi di kamar pribadi saya untuk selalu mambaca buku setiap
harinya agar tidak malas membaca.
|
||||
30.
|
Saya
membaca buku tiap sebelum melakukan aktivitas
|
||||
31.
|
Saya lebih suka membaca buku daripada bermain dengan
teman
|
||||
32.
|
Saya
memiliki banyak buku bacaan dan saya harus membaca buku tersebut.
|
||||
33.
|
Saya
membaca buku sebelum pergi ke sekolah
|
||||
34.
|
Saya
membaca buku pelajaran setiap harinya agar lebih mudah memahami pelajaran.
|
||||
35.
|
Saya
lebih mudah mengerjakan soal ulangan karena sudah membaca materi tersebut
berulang-ulang setiap harinya.
|
||||
36.
|
Saya mendapat nilai yang baik ketika tes membaca
|
||||
37.
|
Saya
membaca buku dengan seksama
|
||||
38.
|
Jika
ada buku-buku sastra baru, saya akan segera membacanya.
|
||||
39.
|
Saya mencatat hal-hal penting dari apa yang saya baca.
|
||||
40.
|
Saya mengunjungi bazar buku yang diadakan di tempat
terdekat rumah saya.
|
||||
41.
|
Saya menyisihkan uang saku untuk membeli buku.
|
||||
42.
|
Saya lebih mendahulukan untuk membeli buku daripada
membeli sesuatu lainnya.
|
||||
43.
|
Saya memiliki banyak koleksi buku di rumah.
|
||||
44.
|
Jenis buku yang saya miliki sangat beragam
|
||||
45.
|
Saya bertukar buku dengan teman jika teman memiliki buku yang baru.
|
||||
46.
|
Saya dapat menyampaikan kembali isi bacaan.
|
||||
47.
|
Saya dapat menyampaikan kekurangan isi buku.
|
||||
48.
|
Saya dapat menyampaikan kelebihan isi buku.
|
||||
49.
|
Banyak pengalaman baru yang saya peroleh ketika membaca
buku.
|
||||
50.
|
Saya tidak pernah merasa bosan ketika membaca.
|
Bolehkah saya mencontoh angket Anda untuk keperluan pra-penelitian? Mohon ijinnya ya. Terima kasih.
BalasHapusBoleh banget...semoga bermanfaat š
HapusAsslm, Neng Cantik bolehkah Bapak mencontoh instrumennya untuk kelengkapan penelitian Bapak tentang Indeks Budaya Baca ? Terima Kasih. Salam Literasi.
BalasHapuswa'alaikumsalam...boleh Pak. Monggo...nanti saya lampirkan sumber referensi yang saya pakai untuk pembuatan angket ini.
Hapus